Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Bing Webmaster Tool

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Bing Webmaster Tool

Bing Webmaster tidak jauh beda dengan Google Webmaster, fitur - fitur yang disediakan oleh Bing Webmaster-pun hampir mirip dengan Google Webmaster. Hanya saja, apabila kita mengoptimalkan website atau blog kita pada Bing Webmaster, maka website atau blog kita akan terindex lebih cepat di mesin pencari Bing.

Sesuai dengan kutipan Reliablesoft.net bahwa kepopuleran mesin pencari Bing menempati posisi kedua setelah Google. Mesin pencari Bing merupakan evolusi dari ketiga mesin pencari sebelumnya yaitu, Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Mesin pencari Bing ini bernaung di bawah perusahaan Microsoft.

Mengingat bahwa mesin pencari Bing cukup populer, maka lebih baik apabila blog atau website kita optimalkan pada mesin pencari Bing melalui alat bernama Bing Webmaster. Selain mengoptimalkan pada mesin pencari Bing, kita juga dapat menerapkan metode SEO melalui tools yang ada dalam Bing Webmaster.

Adapun beberapa fungsi tools yang terdapat pada Bing Webmaster.
  • Sitemaps
Tentang fungsi sitemap sudah pernah admin buat artikel tentang pengertian sitemap serta manfaat apabila kita submit sitemap ke webmaster tool. Tapi, admin akan jelaskan sedikit apa itu sitemap? Jadi, sitemap itu diibaratkan sebuah peta navigasi yang terdapat pada sebuah blog atau website. Fungsi dari sitemap ini adalah untuk memudahkan bot crawl dalam merayapi seluruh halaman pada sebuah website atau blog.
  • Fetch As Bingbot
Fitur ini juga terdapat pada Google Webmaster, apabila di Bing Webmaster fitur ini bernama fetch as bingbot tetapi apabila di Google Webmaster bernama fetch as bingbot. Fungsinyapun sama agar mesin pencari cepat mengindex artikel kita, hanya saja apabila kita melakukan fetch di Bing maka artikel kita juga akan terindex di mesin pencari Bing.
  • Disavow Links
Fitur ini sangat berguna sekali apabila website atau blog kita terkena traffic yang tidak bagus contohnya, web spam, situs bermasalah, situs yang melanggar kebijakan Blogger dan Google. Jadi, fitur ini digunakan untuk menolak request dari website atau situs yang bermasalah tersebut. Di Google Webmaster pun juga ada fitur ini apabila kalian ingin mencobanya di Google Webmaster kalian dapat membaca artikel Cara Mudah Menghapus Backlink Spam Di Blogger Dengan Google Disavow.
  • SEO Analyzer
Fitur ini memungkinkan pengguna Bing Webmaster untuk mengetahui seberapa besar metode SEO yang telah di terapkan pada page blog atau website. Jadi, nantinya bot seo analyzer ini akan melakukan scanning pada website atau blog yang kalian submit dan apabila sudah kalian submit maka bot tersebut akan melakukan proses, apabila proses pengecekan sudah selesai maka bot seo analyzer akan memberikan kepada kalian berupa laporan.

Sebenarnya masih banyak lagi tools yang terdapat pada Bing Webmaster dan pastinya sangat berguna untuk seorang owner website atau blog untuk membantu serta pengoptimalan pada mesin pencari. Oke langsung saja, bagaimana cara mendaftarkan blog atau website ke bing webmaster tool.

Cara Mendaftarkan Blog Di Bing Webmaster.

Langkah pertama, kalian menuju halaman utama bing webmaster.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster
Halaman Awal Bing Webmaster.

Langkah kedua, kalian klik Sign Up di bawah button Sign In.

Langkah Ketiga, kalian pilih ingin mendaftar menggunakan facebook, akun google, atau akun microsoft. Pada contoh ini admin mendaftar menggunakan akun Google.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster

Langkah Keempat, pada menu ini kalian dapat memasukkan akun google kalian dan jangan lupa passwordnya.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster

Langkah Kelima, setelah itu kalian masukkan alamat website atau blog kalian lengkap menggunakan protokolnya juga ya. Contoh, https://andpro-game.blogspot.com/. Jika sudah, klik ADD.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster

Langkah Keenam, pada langkah ini kalian dapat mengisikan form yang telah disediakan untuk pada form sitemap kalian dapat mengetikkan https://alamatkalian/sitemap.xml contohnya http://andpro-game.blogspot.com/sitemap.xml. Jika sudah klik Verify.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster

Langkah Ketujuh, pada langkah ini kalian diminta untuk verifikasi apakah situs itu milik kalian. Ada 3 cara untuk verifikasi, melalui upload sebuah file ke website kalian, meletakkan kode pada template, atau melalui dns record. Admin menggunakan step verifikasi yang kedua yaitu meletakkan kode pada template. Copy kode tersebut dan nanti kita akan letakkan pada bagian bawah <head> pada template blogger.


Cara Daftar Blog Di Bing Webmaster

Langkah Kedelapan, buka halaman dashboard blog kalian. Lalu menuju menu Tema > Edit HTML > letakkan pada bawah <head> dan simpan. Lalu kembali ke Bing Webmaster dan klik Verify.

Langkah Kesembilan, Selesai next artikel admin akan memberitahu bagaimana cara fetch artikel ke bing webmaster dengan benar.



Post a Comment for "Cara Mudah Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Bing Webmaster Tool"