Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Penyebab Laptop Mati Total Dan Solusi Mengatasi Laptop Mati Total

Halo sobat sarjana, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga baik - baik saja dan sukses selalu ya. Sarjana pedia kali ini akan membahas tentang masalah yang terdapat pada komputer ataupun laptop. Kemarin kita juga sudah bahas tentang masalah black screen dan masalah blue screen serta sudah solve.



Masalah yang terdapat pada komputer maupun laptop terkadang datang secara tiba - tiba. Pagi hari kita operasikan dan berjalan normal akan tetapi, bisa saja malam hari laptop atau komputer kita tiba - tiba tidak dapat berjalan secara normal atau bahkan tidak dapat hidup sama sekali.

Salah satu masalah tersebut yaitu, laptop mengalami mati total. Masalah ini pernah di alami oleh teman saya, yang mana waktu malam hari teman saya menggunakan laptopnya masih normal - normal saja. Akan tetapi, setelah ia pulang sekolah laptopnya ingin ia hidupkan tetapi laptop tersebut sama sekali tidak hidup. Tombol power yang seharusnya mengeluarkan LED pun tidak menyala sama sekali serta layar laptop sama sekali tidak menampilkan apapun.

Ciri - ciri laptop mati total yaitu,

  • LED tombol power tidak menyala sama sekali
  • Tidak terdengar sama sekali hardware yang bekerja dari dalam laptop
  • Layar tidak menampilkan apa - apa
  • Laptop sama sekali tidak memiliki supply energi listrik
  • Lampu indikator tidak menyala sama sekali
Lalu, apa sebenarnya penyebab terjadinya laptop mengalami mati total tanpa terdengar aktivitas hardware yang berjalan? Mari simak beberapa penyebab laptop mati total di bawah ini.

Penyebab Laptop Mati Total

1. Terdapat masalah pada baterai

Baterai yang terdapat pada laptop berfungsi untuk menampung energi dan untuk menyupply energi listrik tersebut ke seluruh hardware pada laptop. Nah, apabila baterai laptop mengalami kerusakan maka laptop tidak akan mendapat supply daya yang cukup sehingga menyebabkan laptop yang kalian pakai tidak dapat hidup sama sekali karena tidak memiliki supply energi listrik.

Analoginya, seperti sebuah kendaraan motor atau mobil yang tidak memiliki bahan bakar bensin. Maka, motor atau mobil tersebut tidak dapat digunakan sama sekali.

Kalian dapat melepas baterai yang bermasalah dan hubungkan charger laptop kalian ke laptop kalian. Apabila laptop menyala, berarti terdapat masalah pada baterai yang tidak dapat menyimpan energi ataupun meneruskan energi tersebut ke mainboard.

2. Motherboard terdapat masalah

Mainboard merupakan sebuah hardware yang terdapat berbagai komponen - komponen lainnya seperti RAM, VGA, Chip, Processor, dsb. Fungsi mainboard di sini adalah mengatur lalu lintas data yang terdapat pada motherboard dan menghubungkan berbagai perangkat yang terpasang pada motherboard serta dapat mengatur kebutuhan daya listrik pada setiap komponen yang terpasang pada motherboard.

Apabila terdapat masalah pada motherboard maka, seluruh perangkat yang terpasang pada motherboard tidak akan bekerja sama sekali. Karena, motherboard di sini adalah sebuah perangkat yang mengatur lalu lintas data yang dikerjakan oleh perangkat lain agar tidak terjadi crash.

Ada solusi untuk mengatasi motherboard yang rusak, yaitu dengan melihat komponen ada yang terbakar atau tidak. Karena, apabila motherboard rusak maka sulit sekali untuk diperbaiki. Saran saya, agar mengganti dengan motherboard yang baru agar tidak berimbas ke komponen yang lainnya.

3. Adaptor charger terjadi kerusakan

Adaptor merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC. Adaptor ini juga dapat berfungsi untuk menyuplai energi berupa listrik ke laptop. Sehingga, apabila adaptor mengalami kerusakan atau terdapat masalah maka, dapat membuat komponen tidak menerima suplai energi listrik yang stabil.

Cara test dari adaptor ini rusak atau tidak, kalian dapat menggunakan adaptor lainnya yang serupa dengan adaptor laptop kalian. Apabila menggunakan adaptor lainnya laptop dapat hidup maka dapat dipastika adaptor laptop kalian yang mengalami kerusakan.


4. Processor Rusak

Processor merupakan inti dari sebuah komputer ataupun laptop. Processor berfungsi menjalankan perintah - perintah yang di instruksikan dan melakukan perhitungan algoritma. Tanpa adanya processor, maka sebuah komputer ataupun laptop tidak dapat hidup sama sekali.

Jadi, apabila processor mengalami kerusakan dapat dipastikan penyebab terjadinya laptop mati total karena processor ini.

Kalian hanya dapat mencegah terjadinya kerusakan processor karena overheat ataupun karena faktor lainnya. Memberikan pasta ke processor merupakan langkah menjaga agar processor tetap awet serta membersihkan dari debu - debu yang menempel.


Post a Comment for "Beberapa Penyebab Laptop Mati Total Dan Solusi Mengatasi Laptop Mati Total"