Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi/Kegunaan Driver Pada Komputer Yang Tidak Kalian Ketahui


Halo sobat sarjana, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan sukses yaa. Kali ini, aku mau beri info apa sih kegunaan driver pada komputer atau pc? Terkadang orang - orang lupa memasang driver. Padahal driver sangat penting lho buat kelancaraan dan peforma komputer kamu.

Driver dalam bahasa Indonesia mempunyai arti sopir, pengendara, atau pengemudi. Tapi, driver di sini bukan pengemudi mobil ataupun motor lho. Akan tetapi, fungsi driver di sini adalah pengemudi atau pengendali perangkat keras yang terdapat pada komputer, laptop, ataupun notebook. Jadi, apabila komputer kita tidak terpasang driver maka komponen yang terdapat pada komputer kita tidak dapat terdeteksi atau tidak dikenali oleh sistem operasi.

Untuk seorang teknisi pastinya memasang driver untuk hardware pada komputer sangatlah penting dan tidak boleh ditinggalkan, kecuali apabila driver tersebut tidak cocok dengan hardware yang terdapat pada komputer.


Apa itu Driver?

Driver merupakan sebuah software yang berfungsi menghubungkan antara sistem operasi dengan hardware yang terdapat pada komputer selain itu, driver ini juga berfungsi untuk berkomunikasi antara sistem operasi dengan komputer. Contoh, printer yang memerlukan driver agar kalian dapat mengirim perintah mencetak melaui Microsoft Word ataupun aplikasi sejenisnya ataupun mengubah ukuran kertas melalui driver printer.

Tidak hanya memasang driver, akan tetapi kalian juga harus memperbaharui driver tersebut atau Update Driver. Sisi positif yang berefek pada komputer kalian, pastinya peforma komputer atau hardware akan meningkat dan lebih optimal serta efisien. Kalian memerlukan koneksi internet untuk mengunduh driver terbaru atau memperbaharui driver.

Cara Memasang Driver Untuk Windows

Ada beberapa cara untuk memasang driver pada sistem operasi Windows.

1. Gunakan Driver Pack


Nah, software yang satu ini merupakan tools atau alat yang sangat penting untuk seorang teknisi dan tukang service laptop, komputer, ataupun notebook. Kalian dapat mengunduh software driver pack ini situs resmi ataupun situs - situs lain yang menyediakan software ini.

Tersedia 2 versi, yaitu online dan offline installer. Untuk online, driver pack akan mendeteksi dan menyediakan list driver yang cocok dengan hardware yang terdapat pada komputer, laptop, ataupun notebook kalian. Tetapi, apabila menggunakan offline installer kalian akan mengunduh software driver pack kurang lebih sebesar 15GB. 

Oh iya, software driver pack ini termasuk freeware lho, atau software gratis tanpa berbayar.

2. Instalasi Driver Menggunakan CD/DVD


Cara yang kedua, kalian dapat menggunakan CD/DVD driver yang tersedia. Contohnya seperti CD driver printer HP DeskJet seperti gambar diatas. Pastikan gunakan CD/DVD driver yang dari pabrik atau bawaan dari printer ataupun hardware yang kalian gunakan.

Driver dalam bentuk fisik memanglah sangat membantu, selain mudah membawanya kita juga mudah dalam memasangnya. Cara instalasinya, kalian masukkan CD/DVD driver ke dalam CD-ROM lalu nanti akan muncul autorun dan pilih menu di bawah Install or run program.

3. Instalasi Driver Melalui Windows

Kalian juga dapat memasang driver hardware komputer kalian melalui Windows, langkah pertama kalian dapat membukan Control Panel > Hardware and Sound seperti gambar dibawah.



Selanjutnya, kalian klik kanan pada hardware yang ingin kalian install drivernya lalu Klik Kanan > dan pilih Update Driver.


Nanti akan menu seperti gambar dibawah, dan pilih Search automatically for updated driver software apabila kalian ingin menginstall secara manual kalian dapat memilih Browse my computer for driver software lalu pilih lokasi driver kalian.


Nah, itulah apa fungsi driver dan bagaimana cara pemasangannya pada komputer kalian. Intinya, driver sangat penting dan mempengaruhi komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terdapat pada komponen komputer kalian.

Post a Comment for "Fungsi/Kegunaan Driver Pada Komputer Yang Tidak Kalian Ketahui"