Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Sitemap? Lalu Bagaimana Cara Kerja Serta Manfaat Sitemap?


Apa Itu Sitemap? - Jika anda tidak tau Sitemap, maka saya akan beri contoh. Anda tau peta kan? Pastinya tau dong. Nah, sitemap tidak jauh beda dengan peta, akan tetapi sitemap adalah sebuah peta dalam situs atau blog. Jadi, setiap blog pasti ada menu - menu ataupun artikel.

Sitemap dalam website ataupun blog mempunyai fungsi agar search engine seperti Google,Bing,dll dapat sepenuhnya mengindex apapun yang terdapat dalam sitemap. Sehingga, dengan adanya sitemap pada website atau blog terindex oleh mesin pencari, maka website atau blog tersebut dapat di temukan dengan mudah oleh mesin pencari.

Membuat sitemap atau menambahkan sitemap ke Webmaster termasuk langkah strategi mengingkatkan pengunjung organik dan bagian dari SEO. 

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Dalam Mengindex Sitemap?

Saya akan menjelaskan secara sederhana. Pada umumnya sitemap yang telah dibuat maka akan di upload ke webmaster. Sitemap ini file dengan ekstensi .XML dan berisi daftar URL beserta metadatanya masing - masing . O iya, dalam Google Webmaster mempunyai robot crawler. Robot ini berfungsi merayapi atau menjelajah seluruh halaman yang terdapat pada situs. 

Metadata yang terdapat pada sitemap yang kita submit itulah yang memudahkan robot crawler milik Google dapat mengindex artikel - artikel serta menu - menu pada blog atau situs kita. Sehingga, artikel dan menu - menu kita tampil di Pencarian Google. Nah, kalau menu - menu yang tampil pada pencarian dan tersusun rapi di sebut Sitelink.

Manfaat Sitemap

Sitemap sangat berguna untuk blog yang belum mempunyai back link banyak, walaupun sitemap juga perlu untuk website yang rata - rata sudah mempunyai pengunjung tetap. Sitemap untuk website yang sudah populer juga berguna untuk memaksimalkan pada mesin pencari. Sedangkan kalau untuk website yang belum populer atau masih baru, minimal agar situs kita tercatat pada mesin pencari. Untuk selanjutnya kita tinggal melanjutkan dalam memaksimalkan konten blog atau situs kita.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan anda. Anda dapat membagikan artikel ini kepada teman - teman anda dengan menekan tombol share dibawah.

Post a Comment for "Apa Itu Sitemap? Lalu Bagaimana Cara Kerja Serta Manfaat Sitemap?"